Inilah Risiko Pada Kaki-kaki Mobil Jika Menerjang Lubang - Pada kondisi musim penghujan seperti sekarang ini mengemudikan mobil, perlu ekstra kehati-hatian. Jalan macet diakibatkan padatnya volume kendaraan ditambah hujan deras. Kadangkala jalan-jalan sudah ada yang rusak, ada yang bergelombang dan juga tidak sedikit menemui jalan berlubang.
Jika jalan berlubang cukup banyak, bisa menyebabkan kerusakan pada komponen mobil yang bersentuhan langsung. Sebut saja, ban bisa mengalami benjol atau retak pada dinding. Yang lebih berbahayanya lagi, usai menerjang lubang, bisa menyebabkan pecah di tol.
Selain ban, bagian kaki-kaki juga bisa terkena dampaknya. Berikut Inilah Risiko Pada Kaki-kaki Mobil Jika Menerjang Lubang, Apa saja itu? (
mobildiggest.blogspot.com)
1. Jika Anda mengetahui ada lubang, cepat dihindari. Memang, agak sulit jika dilakukan ketika melaju dalam kecepatan tinggi. Akibatnya, ban benjol atau pelek menjadi peyang menjadi salah satu kerugiannya. Bisa juga ban mobil sampai pecah. Yang perlu di perhatikan, jangan pernah menginjak rem ketika mobil menabrak lubang karena dampaknya akan lebih besar.
Karena, ketika direm, maka beban mobil akan pindah ke depan. Otomatis, beban pada ban akan semakin berat.
2."Knuckle juga bisa bengkok. Penyebabnya jika mobil melindas lubang dalam kecepatan tinggi dan cukup dalam.
Jika bengkoknya knuckle kondisinya parah membuat posisi roda juga lebih mundur. Selain berdampak pada pengendalian mobil, juga dapat mempengaruhi pada umur pakai ban itu sendiri. Ganti dengan yang baru bisa menjadi solusi yang tepat.
3. Jika knucle sudah abnormal, biasanya setir akan lebih menarik ke salah satu sisi, tarik ke kiri atau kekanan. Ini bisa membuat salah satu sisi ban -misal ban kiri - lebih cepat habis. Ini karena ban kiri menerima beban lebih berat akibat harus membuat mobil berjalan lurus.
Indikasi lainnya, ketika mobil mau putar balik, belum habis setir diputar, akan menarik sendiri sampai mentok. Bisa mencederai tangan pengendara.Terlalu lama dibiarkan, kawat konstruksi ban bisa sampai keluar.
4.Lower arm sebagai salah satu komponen yang juga sangat rentan terkena dampak lubang. Sama seperti knuckle, arm ini juga bisa bengkok. Terutama bagi mobil-mobil sedan atau yang memiliki ground clearance rendah.
Untuk mengembalikannya, lebih baik beli baru daripada diservis. Sebab sangat jarang akan kembali sempurna.Seandainya sudah bermasalah, posisi toe ban bisa terlalu 'membuka' atau justru menekuk ke bagian dalam. Jelas berkendara juga tidak nyaman.
5.Sokbreker juga bisa menjadi korban akibat menerjang lubang. Posisi dudukan bawah sokbreker yang biasanya diikat pada kaki-kaki rentan terkena. Biasanya, jika kaki-kaki terkena dampak lubang, sokbreker juga demikian.
Posisinya menjadi miring sehingga kerja dari sokbreker menjadi tidak maksimal. Untuk memperbaikinya, harus perbaiki dulu kaki-kaki tempat sokbreker.Peredam kejut ini menjadi bagian terakhir dideteksi jika kaki-kaki lainnya sudah dibenahi dan duduk dengan sempurna